Minggu, 15 November 2015

Pengertian Bangsa dan Negara Secara Umum Lengkap


Bangsa yaitu satu grup manusia yang dianggap mempunyai jati diri bersama, serta memiliki kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, serta histori. 1 Mereka biasanya dianggap mempunyai asal usul keturunan yang sama.

Pengertian Bangsa dan Negara

Istilah bangsa yaitu terjemahan dari kata nation, serta nation datang dari bahasa Latin : natio yang berarti suatu yang lahir. Nation dalam arti bahasa Indonesia berarti bangsa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian bangsa yaitu orang – orang yang bersamaan asal keturunan, kebiasaan, bahasa, serta sejarahnya, dan berpemerintahan sendiri.

Bangsa dapat juga disimpulkan dengan satu komunitas etnik yang ciri-cirinya yaitu : mempunyai nama, lokasi spesifik, mitos leluhur bersama, masa lalu bersama, satu atau sebagian budaya yang sama serta solidaritas tertentu. Bangsa juga adalah doktrin norma serta filsafat, dan merupakan awal dari ideology nasionalisme.

Negara yaitu satu lokasi di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial ataupun budayanya ditata oleh pemerintahan yang ada di lokasi itu. Negara juga adalah satu lokasi yang mempunyai satu system atau ketentuan yang berlaku untuk semua individu di wilayah tersebut, serta berdiri dengan cara independent. Syarat primer suatu negara yaitu mempunyai rakyat, mempunyai lokasi, serta mempunyai pemerintahan yang berdaulat. Sedang syarat sekundernya yaitu memperoleh pernyataan dari negara lain.

Dengan cara etimologi kata Negara datang dari kata state (Inggris), Staat (Belanda, Jerman), E`tat (Prancis), Status, Statum (Latin) yang bermakna menempatkan dalam situasi berdiri, meletakkan, atau membuat berdiri. Kata Negara yang digunakan di Indonesia datang dari bahasa Sansekerta yanitu Negara atau nagari yang berarti lokasi, kota, atau penguasa.

Menurut Para Ahli

Berikut pendapat beberapa para ahli tentang pengertian bangsa:

1. Ernest Renan (Perancis) : Bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari 2 hal, yaitu rakyat yang harus hidup bersama-sama menjalankan satu riwayat, dan rakyatyang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu.

2. Otto Bauer (Jerman) : Bangsa adalah kelompok manusia yag memiliki kesamaan karakter. Karakteristik tumbuh karena adanya persamaan nasib.

3. F. Ratzel (Jerman) : Bangsa terbetuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik).

Beberapa pengertian Negara menurut pakar kenegaraan :

1. George Jellinek : Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu.

2. G.W.F Hegel  : Negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.

3. Logeman : Negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

4. Karl Marx : Negara adalah alat kelas yang berkuasa (kaum borjuis/kapitalis) untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lain (ploretariat/buruh).