Minggu, 15 November 2015

Pengertian Topologi Bus Beserta Gambarnya Lengkap


Topologi bus adalah suatu topologi yang memakai kabel tunggal juga sebagai media transmisinya atau kabel pusat tempat di mana semua client serta server dikaitkan.

Pengertian Topologi Bus

Topologi bus yaitu suatu topologi yang media transmisinya memakai kabel tunggal atau kabel pusat tempat yang menghubungkan client serta server. Topologi bus ini menggunakan kabel BNC serta dibagian ke-2 ujungnya mesti di beri terminator. Sesungguhnya Topologi ini cukup simpel dan gampang diakukan, namun sekarang ini sudah banyak ditinggalkan karena padatnya lalulintas data apabila ada satu node yang rusak jadi semua jaringan tak dapat berperan.

Keuntungan Topologi Bus


  • Lebih Irit kabel, lantaran media transmisinya cuma menggunakan kabel tunggal dan terpusat hingga tak membutuhkan kabel yang banyak. 
  • Memiliki Layout kabel yang simpel, dalam pemasangan topologi bus skema serta rancangan kabel yang digunakan sangatlah simpel hingga pemasangannya lebih gampang. 
  • Gampang di kembangkan, lantaran dalam pengembangan jaringan computer baik client ataupun server dapat dikerjakan dengan gampang tanpa ada mengganggu computer lain. 


Kerugian Topologi Bus 


  • Susah mengidentifikasi kekeliruan bila jaringan alami masalah. 
  • Lalu lintas data padat lantaran topologi bus memakai kabel terpusat juga sebagai transmisi. 
  • Bila ada satu diantara client yang rusak, maka jaringan tidak bisa berperan. 
  • Juga sebagai penguat tanda diperlukan repeater untuk jarak jauh. 


Pada topologi bus dua ujung jaringan mesti disudahi dengan suatu terminator serta kabelnya memakai kabel coaxial. Barel connector atau di sebut BNC (umum dipakai di kabel coaxial). Peralatan yang dipakai :

1. T-Connector
T-Connector yang dibawah untuk ke PC sedang yang dua sejajar untuk menghubungkan ke jalur tersebut .

2. BNC Terminator
BNC Terminator dipasang pada ujung topologi bus berperan juga sebagai backbone atau tutup jalur paling utama.

3. Kabel coaxial
Kabel yang dipakai yaitu kabel coaxial yang memakai connector BNC berperan untuk menghubungkan kabel tersebut ke T-Connector sebagai jalur utamanya.

4. BLN RJ45
BLN-RJ45 berperan untuk mengkonversasi dari coaxial ke RJ45 lantaran interface tiap-tiap PC memakai port RJ45.