Sabtu, 10 Oktober 2015

Pengertian Manajemen Strategi Lengkap Menurut Para Ahli


Menururt pendapat saya (sebagai orang umum yang belum banyak tahu pengetahuan menejemen), sebenarnya kata menejemen itu tidak akan bisa luput dari kehidupan manusia dalam mobilisasi kesibukan setiap harinya, tetapi kita juga sebagai manusia banyak yg tidak mengerti secara langsung bahwa kita tengah menerapkan definisi manajemen tersebut.

Pengertian Manajemen Strategi

Seperti yang disibak Ricky W. Griffin, dia mendeskripsikan manajemen sebagai suatu sistem rencana, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan sumber daya untuk meraih tujuan dengan cara efisien serta efesien.

Tahapan - tahapan manajemen strategi:

1. Perumusan stategis
Meningkatkan misi usaha, mengetahui kesempatan serta ancaman eksternal perusahaan, mengambil keputusan kapabilitas serta kekurangan internal, mengambil keputusan obyektif jangka panjang, meghasilkan langkah alternatif, serta pilih strategi khusus untuk dijalankan.

2. Impelmentasi strategi
Strategi implementasi bermakna memobilisasi karyawan serta manajer untuk merubah strategi yang dirumuskan menjadi tindakan. Kerap dikira juga sebagai bagian paling susah dalam manajemen strategis, implementasi strategis membutuhkan disiplin pribadi, prinsip, serta pengorbanan. Kesuksesan implementasi strategi bergantung pada kekuatan manajer untuk memotivasi karyawan, yang lebih merupakan seni daripada pengetahuan. Strategi yang dirumuskan tetapi tak diimplementasikan sekalipun tak ada gunanya.

3. Evaluasi strategi
Tiga jenis kesibukan mendasar untuk mengevaluasi strategi yaitu (1) meninjau aspek-faktor eksternal serta internal sebagai basic strategi yang sekarang, (2) mengukur prestasi, (3) mengambil aksi korektif. Pelajari strategi diperlukan lantaran keberhasilan hari ini bukanlah merupakan jaminan kesuksesan di masa yang depan! Kesuksesan senantiasa membuat permasalahan baru serta tidak sama ; organisasi yang merasa puas pada akhirnya mati.

Istilah dalam manajemen strategi


  • Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen efektif dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perusahaan.
  • Penyataan misi adalah Pernyataan jangka panjang mengenai tujuan yang membedakan sebuah bisnis dari perusahaan lain yang serupa.
  • Peluang dan ancaman eksternal Peluang dan ancaman eksternal merujuk pada ekadaan ekonomi, sosial, buaya, demografi, lingkungan, politik, hukum, pemerintah, teknologi dan kecenderungan persaingan serta peristiwa yang dapat menguntungkan atau merugikan suatu organisasi secara signifikan di masa depan. Peluang dan ancaman sebagian besar di luar kendali organisasi, jadi disebut eksternal.
  • Kekuatan dan kelemahan adalah Aktivitas dalam kendali organisasi yang prestasinya luar biasa baik atau buruk. Kekuatan dan kelemahan tersebut muncul dalam aktivitas manajemen, pemasaran,keuangan/akunting,produksi/operasi, penelitian dan pengembangan dan sistem informasi komputer suatu bisnis.
  • Tujuan adalah Tujuan merumuskan apa yang akan diselesaikan dan kapan akan diselesakan dan sebaiknya diukur jika memungkinkan.
  • Sasaran adalah Pernyataan terbuka yang berisi satu harapan yang akan diselesaikan tanpa perhitungan apa yang akan dicapai dan tidak ada penjelasan waktu penyelesaian.
  • Strategi adalah 
  • Merupakan cara untuk mencapai sasaran jangka panjang. 
  • Rumusan peerncanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya.
  • Sasaran tahunan adalah Patokan jangka pendek yang harus dicapai oleh organisasi dalam rangka mencapai sasaran yang panjang.
  • Kebijakan adalah Merupakan cara untuk mencapai sasaran tahunan. Kebijakan termasuk pedoman, peraturan,dan prosedur yang ditetapkan untuk emndukung usaha mencapai sasaran yang sudah dinyatakan.
  • Kebijakan menyediakan pedoman luas untuk pengambilan keputusan organisasi secara keseluruhan
  • Kebijakan juga merupakan pedoman luas yang menghubungkan perumusan startegi dan implementasi.
  • Implementasi strategi adalah Proses di mana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur.
  • Program adalah Pernyataan aktivitas-aktivitas atau langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan perencanaan sekali pakai.
  • Anggaran adalah Program yang dinyatakan dalam bentuk satuan uang, setiap program akan dinyatakan secara rinci dalam biaya, yang dapat digunakan oleh manajemen untuk merencanakan dan mengendalikan.
  • Prosedur adalah Sistem langkah-langkah atau teknik-teknik yang berurutan yang menggambarkan secara rinci bagaimana suatu tugas atau pekerjaan diselesaikan.
  • Evaluasi dan pengendalian adalah Proses yang melaluinya aktivitas-aktivitas perusahaan dan hasil kinerja dimonitor dan kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan.