Minggu, 01 November 2015

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Lengkap


Segmentasi Pasar yaitu usaha memetakan atau pasar dengan memisah-milahkan customer sesuai persamaan diantara mereka. Pemilahan ini dapat berdasar pada umur, tempat tinggal, pendapatan, pola hidup, atau bagaimana caranya mereka konsumsi product.

pengertian segmentasi pasar

Pengertian Menurut Para Ahli

Swastha & Handoko (1997) mengartikan segmentasi pasar juga sebagai aktivitas membagi–bagi pasar/market yang miliki sifat heterogen kedalam satu-satuan pasar yang bersifat homogen. Sedang pengertian yang didapatkan dari Pride & Ferrel (1995) menyampaikan bahwa segmentasi pasar yaitu satu sistem membagi pasar ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.
Dilain pihak, Pride & Ferrel (1995) mendeskripsikan segmentasi pasar juga sebagai satu sistem pembagian pasar keseluruhnya jadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kepentingan product yang sama. Ada lagi pendapat Swastha & Handoko (1987) yang merumuskan segmentasi pasar yaitu satu aksi membagi pasar jadi segmen–segmen pasar spesifik yang dijadikan arah penjualan yang akan diraih dengan marketing mix.
Menurut Kotler, Bowen serta Makens (2002, p. 254) pasar terdiri dari konsumen dan konsumen berbeda-beda dalam beragam hal yang dapat membeli dalam hasrat, sumber daya, tempat, sikap membeli, serta rutinitas membeli. Lantaran masing-masing mempunyai keperluan serta hasrat yang unik, masing-masing konsumen adalah pasar potensial tersendiri. Oleh karenanya penjual idealnya mendisain program pemasarannya sendiri untuk masing-masing konsumen.

Tujuan Kegiatan Segmentasi Pasar

a. Pasar lebih mudah dibedakan
b. Service pada konsumen jadi lebih baik
c. Product lebih responsif terhadap keperluan pasar
d. Bisa Menganalisa pasar lebih mudah
e. Menemukan kesempatan sesudah menganalisis pasar
f. Tahu pergeseran-pergeseran yang berlangsung didalam segmennya
g. Bisa memastikan strategi komunikasi yang efisien serta efektif

Pendekatan Segmentasi Pasar

1. Pendekatan Karakteristik Konsumen
Pendekatan-pendekatan segmentasi ada beberapa macam diantaranya adalah geografi, demografi, psikografi, dan behavioral.

2. Berdasarkan Tanggapan konsumen
Segmentasi manfaat yakni pengelompokan yang didasarkan pada manfaat yang diinginkan dari suatu product atau jasa, use occasion (saat pemakaian) serta Brand atau merk. Dengan ini customer bakal digolongkan berdasar pada tanggapan mereka pada product atau layanan, seperti ada customer yang mementingkan kwalitas ataupun ada pula customer yang mementingkan harga yang murah daripada kwalitas.

Tahapan Segmentasi Pasar

1. Step survey
yakni peneliti melakukan wawancara serta penilaian. Wawancara dikerjakan untuk mencari penjelasan, sedang penilaian dikerjakan untuk memperoleh gambaran perihal motivasi, sikap serta tingkah laku customer.
2. Step analisa
yaitu peneliti memproses data dengan analisis aspek untuk membuang variabel yang berkorelasi tinggi. Lalu peneliti mengaplikasikan analisis grup untuk menghasilkan segmen yang berbeda secara maksimum.
3. Step pembentukan
yaitu setiap grup dibuat berdasar pada ketidaksamaan sikap, tingkah laku, demografis, psikografis. Setiap segmen dinamakan sesuai dengan sifat–sifat dominan yang membedakannya.