Rabu, 18 November 2015

Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli


Media Massa yaitu pesan yang dikomunikasikan lewat media massa pada beberapa besar orang.
Pengertian mass media sendiri menjadi sangatlah luas apabila di lihat dari fungsi serta bentuknya, tetapi bisa diambil kesimpulan bahwa media massa yakni semua bentuk media atau fasilitas komunikasi untuk menyalurkan serta mempublikasikan suatu info pada khalayak atau masyarakat luas.

Pengertian Media Massa

Menurut Cangara, media merupakan alat atau fasilitas yang dipakai untuk mengemukakan pesan dari komunikator pada khalayak, sedang pengertian media massa sendiri alat yang dipakai dalam penyampaian pesan dari sumber pada khalayak dengan memakai alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio serta tv.

Media massa adalah istilah yang dipakai oleh umum dalam mereferensi tempat dipublikasikannya suatu berita.

Dida Dirgahayu mendeskripsikan media massa (mass media) sebagai singkatan dari media komunikasi massa, juga sebagai chanel of mass communication, yakni saluran, alat, atau fasilitas yang dipakai dalam sistem komunikasi massa (dalam Jurnal Observasi Vol. 5, 2007 : 17). Lebih simpel Jhon Vivian menuturkan dalam bukunya Teori Komunikasi Massa (2008 : 453), media massa (mass media) merupakan fasilitas yang membawa pesan pada khalayak.

Selain mempunyai beberapa peran, media massa juga mempunyai sebagian karater sebagai acuan media itu bisa disebutkan juga sebagai sisi dari media massa :

Karakter Media Massa


  • Publisitas : disebarluaskan pada umum, khalayak, atau orang banyak. 
  • Universalitas : pesannya berbentuk umum, perihal semua segi kehidupan serta seluruhnya momen di beberapa tempat, juga menyangkut kepentingan umum lantaran tujuan serta pendengarnya orang banyak (masyarakat umum). 
  • Periodisitas : terus atau berkala, umpamanya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari. 
  • Kontinuitas : berkaitan atau terus-menerus sesuai sama priode mengudara atau jadwal terbit. 
  •  Aktualitas : berisi beberapa hal baru, seperti info atau laporan peristiwa paling baru, panduan baru, dan sebagainya. Aktualitas juga bermakna kecepatan penyampaian informasi pada publik.