Kamis, 19 Februari 2015

Cara Merawat Landak Mini Lengkap

Cara Merawat Landak Mini Lengkap - untuk saat ini binatang si kecil ini (landak mini) sangat digemari tapi alangkah baiknya sebelum kita memelihara landak mini atau ingin mengadopsi binatang kecil mungil nan imut ini alangkah baiknya kita memperhatikan Cara merawat landak mini ini jangan sampai binatang ini terlantar atau tak terurus, berikut adlah beberapa tips mudah dalam merawat landak mini,

Cara Merawat Landak Mini

Kandang

kandang yang disarankan terbuat dari logam atau plastik sangkar (seperti yang dibuat untuk kelinci , kucing atau musang) maupun kotak akuarium. Luas kandang harus mproporsional dengan polulasi landak yang ada. Kandang harus cupuk leluasa untuk berlari ataupun membuat sarang. Hindari penggunaan alas kandang dari bahan besi atau kawat ram karena berpotensi menimbulkan luka pada kaki maupun dada landak, Bersihkan kandang setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi bau       sediakan tempat bersarang di sudut sudut kandang. 

Sarang bias terbuat dari kayu maupun plastic yang memiliki penutup sehingga membuat landak merasa berlindung idalam liang liang tanah. Sarang berpenutup juga dapat mengurangi rasa gugup landak saat melahirkan pastikan landak dalam lingkungan yang tenang dan nyaman. Letakkan kandang ditempat yang sejuk ataupun hangat antara 21-27 derajad celcius (68 Fahrenheit hingga 85 Fahrenheit.) referensi dari para peternak di luar negeri menunjukkan hendaknya jantan dan betina perlu dipelihara terpisah kecuali memang sengaja dikembang biakkan. Induk betina akan mudah stress jika bertemu dengan landak lain terutama lawan jenis disaat masa-masa menyusui anaknya. Stress yang terlalu tinggi akan menyebabkan indukan menjadi agresif dan memangsa anaknya sendiri. 

Seekor landak betina dapat berkembang biak minimum saat usianya mencapai 8 minggu. Akan tetapi umur tersebut dianggap belum ideal. Perkawinan di usia muda dapat berakibat pada kelahiran anak yang cacat, kematian tinggi akibat belum berpengalaman mengasuh maupun kematian induk itu sendiri karena belum siapnya organ reproduksi. Umur yang ideal untuk mengkawinkan landak sekitar 6 bulan Di alam liar landak adalah hewan penyendiri. Akan tetapi dalam penangkaran, karena kurangnya lahan beberapa landak sering digabungkan. Cara tersebut memerlukan pengamatan yang khusus pula karena dikuatirkan landak akan saling menyerang. 

Pastikan amati perilaku mereka selama 48 jam pertama saat dicampurkan dalam satu kandang.  Landak akan mengeluarkan bloodcurdling / menjerit ketika marah atau terluka, jadi berhati-hatilah.

Tempat Makan dan Minum

Lebih direkomendasikan menggunakan bahan yang cukup lebar dan berat seperti kaca (misal: asbak kaca), wadah keramik, wadah pakan plastik yang telah diberi semen bawahnya, atau bahan-bahan lain yang tidak mudah untuk dibolak-balik oleh landak. Ketinggian wadah pakan juga harus diperhatikan, tidak terlalu rendah juga tidak boleh terlalu tinggi (harus mudah digapai oleh mulut landak) yaiut berkisar antara 4-8cm.

Untuk tempat minum, anda cukup menggunakan botol minum hamster, untuk ukurannya menyesuaikan: 80ml, 100ml, 125ml, 250ml tergantung kebutuhan dan kemudahan mendapatkannya. Untuk airnya cukup gunakan air putih matang/mineral sehingga terjamin kebersihannya.

INGAT!!! Jangan berikan susu berlaktosa terhadap landak mini!! Susu pada umumnya mengandung zat laktosa dan landak mini sangat rentan terhadap laktosa. Jika diberikan mula-mula landak akan terlihat gelisah, muntah, diare yang pada akhirnya sering mengarah pada kematian.
                                                                                                            

Bedding
                                                         
Digunakan sebagai media alas/bedding pada kandang landak mini anda. Fungsi lainnya adalah menyerap kotoran padat/PUP atau kotoran cair (PEE), penghangat tubuh landak saat malam hari, serta media kunyah landak saat annointing.

Pastikan anda cukup teliti dalam memilih jenis serutan kayu yang digunakan, sehingga hewan kesayangan anda akan terjaga kesehatan  maupun kenyamanannya didalam kandang.
                                                                                                    
Mainan
                                                                                                
Landak membutuhkan banyak latihan, untuk menghindari berat badan yang berlebih. Seperti hamster, landak juga dapat disediakan mainan berupa roda berputar untuk merangsang aktifitasnya. Gunakan mainan yang tidak menimbulkan resiko terluka seperti menjepit maupun menusuk tubuh landak. Kaki patah merupakan salah satu akibat dari penggunaan mainan yang tidak tepat. Kebanyakan hedgies cukup penasaran dan cinta terhadap mainan sehingga mereka selalu mendorong, mengunyah, atau memanipulasi. 

Beberapa aktifitas landak yang sering ditemui  antara lain menggigit dan mendorong bola karet, mobil mainan kecil, truk mainan plastik besar, kertas toilet tabung, dan mengunyah belulang.Diet adalah permasalahan yang masih menimbulkan kontroversi. studi pendahuluan di Bronx Zoo yang kemudian disajikan pada tahun 1998 saat Go Hog Wild Hedgehog Show dan Seminar hedgies menunjukkan bahwa diet yang baik terdiri dari protein dan rendah lemak. Sebuah kandungan serat sekitar 15% (lebih disukai dari kitin, tapi landak dapat memanfaatkan serat dari dari sumber tanaman juga) merupakan komposisi yang optimal. 

Kebanyakan landak landak mini diberikan makanan yang sudah di jual di pasaran seperti makanan kucing dan anjing yang berbentuk biscuit, hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan kita memilih dengan hati-hati sehingga hedgies mendapatkan makanan yang memiliki protein berkualitas baik, rendah lemak, dan menyediakan sumber serat yang cukup.  Landak sendiri membutuhkan sekitar 70-100 kalori per hari, Hedgies diberikan diet dengan makanan kucing, terutama yang mengandung serat di dalamnya (beras, kacang-kacangan, makanan bayi, pasta, serta mealworm dan jangkrik). Pencampuran dalam serpih havermut bayi merupakan cara terbaik untuk menambahkan serat                                                                                         

Pendekatan

Pada awalnya, Anda mungkin takut landak. Landak mungkin akan menggulung badannya ke atas atau menjulurkan lidah untuk menakut-nakuti hewan atau mahkluk yang mengancamnya  dekati landak Anda perlahan-lahan dan tenang agar dia mendapatkan rasa nyaman dan percaya. angkat landak Anda dari bawah untuk menghindari duri. Anda tidak perlu sarung tangan untuk mengambilnya, akan tetapi Jika anda takut tertusuk, ambil sepasang sarung tangan dan buatlah mereka mengenal bau anda (seperti menyelipkan di bawah bantal Anda selama beberapa malam, atau menempatkan mereka di baju Anda untuk sementara waktu) sehingga mereka tidak asing lagi dengan aroma pemiliknya
Memandikan landak mini adalah hal yang penting agar landak anda tetap sehat dan segar.
Rutin memandikan landak mini dapat mencegah landak anda kena jamur dan kutu.

Memandikan Landak Mini

Alat-alat yang diperlukan untuk memandikan landak mini :
  1. Sampo kucing / anjing (bisa juga menggunakan sabun antiseptik)
  2. Sikat gigi
  3. Gabus / busa mandi
  4. Baskom
  5. Air hangat
  6. Handuk
  7. Hairdryer / blower


Berikut langkah-langkah untuk memandikan landak mini 

  • Siapkan air hangat, jangan terlalu panas
  • Tuangkan air ke baskom
  • Masukkan landak mini ke baskom, biarkan ia berenang (landak mini adalah perenang yang baik)
  • Sikat durinya dengan sikat gigi yang sudah dilumuri sampo
  • Gosokkan bagian perut dengan menggunakan gabus / busa yang lembut
  • Cuci bagian telinga (jamur dan kutu sering tumbuh di telinga
  • Angkat landak mini, diamkan sejenak, lalu dikeringkan menggunakan handuk
  • Setelah cukup kering dengan handuk, keringkan lagi dengan hairdryr / blower  

itulah sedikit trik Cara merawat landak mini dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat, dan suksess buat landaknya.,,