Senin, 26 Januari 2015

Cara Menggunakan Tenaga Dalam Manusia

Cara Menggunakan Tenaga Dalam Manusia - Tenaga dalam dianggap suatu tenaga manusia yang mempunyai kekuatan luar biasa. Tenaga dalam dibedakan dari tenaga luar manusia (yang biasanya disebut secara ringkas sebagai "tenaga" saja) yang berbentuk tenaga fisik seperti kekuatan otot tangan mengangkat barang. Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dalam, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaimana cara membangkitkan atau mengembangkannya.

cara menggunakan tenaga dalam

Cara melakukan adalah sebagai berikut :

Duduk dilantai dengan sikap duduk bersila secara santai,tetapi posisi punggung harus lurus/tegap. Semua otot-otot dikendorkan. dan kalau bisa diusahakan kedua telapak kaki menghadap ke atas (bersila sikap daun teratai). ini merupakan sikap terpenting dibandingkan dengan sikap-sikap lainnya dan sangat baik sekali untuk bermeditasi. sehingga bila kita hanyut tertidur, tidak akan jatuh,Untuk latihan pernafasan dengan sikap ini sangat baik, karena mempunyai beberapa faedah :

1.Meningkatkan fungsi dari pernafasan
2.Menciptakan ketenangan batin
3.Menguatkan kosentrasi pikiran
4.Menghilangkan bungkuk badan

Dalam latihan pernafasan di sini ada beberapa cara, yaitu :

Cara 1

1. Pusatkan konsentrasi (dalam duduk bersila).
2. Mulut tertutup
3. Tarik nafas pelan dengan perut 10 hitungan (satu hitungan sama dengan satu detak jantung).
4. Tahan nafas selama 10 hitungan.
e.Keluarkan nafas pelan-pelan,10 hitungan. kemudian ulangi hingga 30 menit atau lebih.

Keterangan:
Kerjakan latihan pernafasan seperti diatas setiap pagi dan sore hingga 10 hari.
Keuntungan latihan pernafasan cara ke satu ini selain menghimpun “energi batin” atau tenaga dalam,kita akan tahan terhadap serangan masuk angin dan berbagai penyakit lainnya. Nafas kita akan kuat dan tubuh terasa lebih sehat dari semula.

Cara 2

Latihan pernafasan cara kedua adalah sebagai berikut :
1. Duduk bersila seperti diatas.
2. Tarik nafas lembut 10 atau 15 hitungan
3. Tahan nafas 50x hitungan atau sekuat-kuatnya (semakin lama semakin baik). Selama menahan nafas otot-otot badan ditegangkan.
4. Keluarkan nafas melalui mulut 5 atau 10 hitungan.

Keterangan:
*Ulangi hingga 10 kali hisapan nafas. kerjakan setiap pagi dan sore hari berturut-turut, dan Ingat! kalau bisa gunakan pernafasan perut.
*Cara latihan pernafasan seperti diatas akan memperkuat stamina tubuh dan akan menghimpun tenaga dalam yang tinggi. Ingat selama latihan pernafasan jangan merokok. Juhilah asap rokok dan bebauan yang tidak sedap.