Minggu, 30 November 2014

Pengertian Customer Service Lengkap

Pengertian Customer Service Lengkap Beserta Ulasan - Customer service adalah pelayanan yang disediakan oleh suatu perusahaan untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi penerimaan order/pesanan barang, menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Pengertian Customer Service

  • Customer service adalah orang-orang yang berdiri di garis depan yang langsung berhadapan dengan customer.
  • Customer Service (CS) adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk pekerjaan pelayanan pelanggan.


Dalam praktiknya fungsi Customer service adalah sebagai berikut (Kasmir, 2005 : 182) :

  • Sebagai Resepsionis, Artinya sebagai penerima tamu yang datang ke Bank. Tamu yang dimaksud adalah nasabah yang datang ke bank. Fungsinya dalam hal melayani pertanyaan yang diajukan nasabah dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin.
  • Sebagai Deskman, artinya sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah.
  • Sebagai SalesmanArtinya sebagai orang yang menjual produk perbankan,maksudnya menawarkan produk bank kepada setiap calon nasabah yang datang ke bank.
  • Sebagai Customer Relation Officer, yaitu sebagai seseorang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap bertahan tidak lari dari bank yang bersangkutan.
  • Sebagai Komunikator, artinya sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah.


Berikut beberapa etika bisnis yang perlu diketahui oleh seorang customer service:

1. Menjaga sikap tubuh
Hindari:
  • Menggaruk-garuk kepala
  • Menggigit kuku
  • Menekuk-nekuk ibu jari
  • Berpangku tangan
  • Melipat tangan
  • Menggigit bibir
  • Duduk membungkuk
  • Berdiri membungkuk
  • Berjalan dengan menyeret sepatu


2. Berjabat tangan
  • Gunakan tangan kanan
  • Genggam selama 3-5 detik
  • Senyum dan kontak mata
  • Ucapkan nama anda/selamat datang/kabar


3. Menerima tamu
  • Berdiri saat tamu datang
  • Sapa, senyum dan kontak mata
  • Tanyakan dengan sopan apakah ia telah memiliki janji
  • Jika anda orang yang dituju maka persilahkan duduk
  • Perkenalkan diri anda


4. Menunjuk sesuatu
  • Menggunakan kelima jari dengan telapak tangan terbuka
  • Menggunakan ujung pena untuk menunjukkan brosur atau formulirt


5. Sikap berdiri
  • Berdiri dengan kaki ke depan lurus di muka dan kaki belakang membuat sudut 45 derajat
  • Berdiri dengan tegap dan biarkan lengan dan lutut tetap santai


Beberapa hal yang biasa dipertanyakan untuk tes wawancara CS diantaranya adalah :

  1. Bagaimana menurut anda sikap CS yang baik?
  2. Bagaimana sikap seorang CS jika menghadapi nasabah yang banyak menuntut?
  3. Bagaiman sikao anda sebagai CS jika salah satu nasabah anda ingin memutuskan hubungan kerjasama?
  4. Hal apa saja yang harus tetap dijaga kerahasiannya terhadap sesama karyawan maupun pihak lain.
  5. Sebutkan hal-hal yang menjadi syarat untuk bisa bergabung dalam perusahaan yang akan anda jalani nantinya.
  6. Bagaimana sikap anda jika atasan menegur?
  7. Pernahkah memiliki pengalaman menjadi CS?
  8. Alasan bekerja dalam perusahaan ini.
  9. Kualifikasi apa yang anda iliki yang membuat anda cocok untuk posisi ini.
  10. Apa yang anda ketahui tentang produk dan layanan kami?


Pertanyaan diatas merupakan beberapa contoh pertanyaan yang biasa dipertanyakan pewawancara pada saat tes interview untuk calon pegawai CS.

Senjata utama seorang Customer Service adalah

Informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan perusahaan , baik profil, produk dan segala yang berkaitan dengan system yang diterapkan dalam perusahaan.