Sabtu, 16 Januari 2016

Contoh Tajuk Rencana di Koran


Tajuk rencana yaitu artikel pokok dalam surat berita yang disebut pandangan redaksi pada momen yang tengah jadi perbincangan ketika surat berita ini diterbitkan. Dalam tajuk rencana umumnya dieksposkan terdapatnya info atau permasalahan aktual, penegasan pentingnya permasalahan, opini redaksi perihal permasalahan itu, kritik serta anjuran atas persoalan, serta harapan redaksi bakal peran serta pembaca.

Contoh Tajuk Rencana di Koran

Sifat tajuk rencana


  1. Krusial serta ditulis dengan cara berkala, bergantung dari type terbitan medianya. Umpamanya media massa harian (daily), mingguan (weekly), dwi mingguan (biweekly) atau bulanan (monthly). 
  2. Berisi menanggapi kondisi yang berkembang di orang-orang luas baik itu segi sosial, politik, ekonomi, kebudayaan, hukum, pemerintahan, atau olah raga bahkan juga entertainment, bergantung type liputan medianya. 
  3. Mempunyai ciri-ciri atu ketekunan yang teratur pada beberapa pembacanya berkenaan sikap dari media massa yang menulis tajuk rencana. 
  4. Berkenaan erat dengan policy media atau kebijakan media yang berkaitan. Lantaran tiap-tiap media memiliki ketidaksamaan iklim tumbuh serta berkembang dalam kebutuhan yang bermacam, yang menaungi media itu.


Cara membaca tajuk rencana



  1. Mengerti persoalan yang dikemukakan, maksud kajian, pandangan, kritik atau respon redaksi atas persoalan tersebut 
  2. Pemahaman opini redaksi atas persoalan tersebut 
  3. Memahami untuk mempersiapkan sikap kritis pada opini redaksi 


Respon pada tajuk rencana meliputi : respon pada persoalan yang diangkat serta respon pada kritik atau komentar redaksi atas persoalan itu. 
Respon pada tajuk rencana diantaranya bisa di sampaikan berbentuk kritik. Kritik bisa ditujukan pada segi isi, systematika penyajian, atau bahasa yang dipakai penulis. Kritik pada isi bisa berbentuk pertimbangan baik-buruk, keaktualan permasalahan, systematika penyajian isi, ketepatan pandekatan dalam analisa permasalahan, dan sebagainya. 
Dalam mengkaji permasalahan dalam tajuk rencana atau editorial, penulis memakai satu pendekatan yang diambil berdasar pada kelompok (type) masalahnya. Umpamanya, bila penulis mengulas permasalahan sosial, jadi penulis bakal memakai pendekatan sosiologis, permasalahan psikologis dianalisis dengan pendekatan psikologis, serta permasalahan hukum juga didekati dengan pendekatan hukum. Jika penulis menghidangkan permasalahan yang kompleks, kemungkinan besar penulis bakal memakai sebagian pendekatan dalam mengkaji permasalahan ini.


Ciri - ciri tajuk rencana


  1. Diisi opini redaksi perihal momen yang tengah hangat dibicarakan 
  2. Diisi penjelasan perihal satu permasalahan yang dimuat 
  3. Umumnya bertaraf nasional, berita internasional bisa jadi tajuk rencana, jika berita itu berikan efek pada nasional 
  4. Tertuang fikiran subyektif redaksi