Minggu, 15 November 2015

Pengertian Makanan Sehat Dan Bergizi Lengkap


Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang, memiliki kandungan serat serta beberapa zat yang dibutuhkan badan untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kaya unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, serta sedikit lemak tidak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 prima.

pengertian makanan sehat

Makanan yang memenuhi ketentuan kesehatan atau makanan sehat yaitu makanan yang higienis, bergizi serta berkecukupan.


Makanan Higenis

Makanan higienis tersebut yaitu makanan yang bersih serta tak memiliki kandungan kuman penyakit dan tak memiliki kandungan zat yang beresiko untuk badan.

Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi yaitu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral yang jumlahnya seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

Makanan Berkecukupan

Sedang makanan yang berkecukupan yaitu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sesuai dengan keadaan badan serta umur seseorang. Kebutuhan orang yang tengah sakit bakal tidak sama dengan orang yang sehat, seseorang pekerja keras bakal tidak sama dengan seseorang pengangguran. Begitupun dengan keperluan seorang bayi, anak-anak, remaja, dewasa serta orangtua memerlukan makanan yang tidak sama.

Untuk melindungi supaya badan kita terus bugar, makanan yang masuk ke badan kita mesti di perhatikan. Makan seperlunya serta tak terlalu berlebih yaitu langkah bijaksana supaya badan kita tak rawan terhadap problem kegemukan, bergerak lamban, kerap mengantuk, serta gampang diserang rasa malas. Di samping itu, tak seluruhnya makanan dapat kita makan walau kita mempunyai duit lebih untuk beli serta mencicipinya. Tiap-tiap orang mempunyai system fisiologis yang unik didalam badannya, umumnya mempunyai penolakan pada type makanan spesifik lantaran bakal punya potensi mengganggu kemampuan salah satu organ badan.