Minggu, 04 Oktober 2015

Pengertian Cloud Computing Menurut Para Ahli


Cloud computing mungkin saja masihlah samar terdengar untuk orang pemula, namun kehadiran cloud computing di masa digital saat ini sesungguhnya sudah terasa ditengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti pemakaian e-mail serta media sosial.

Pengertian Cloud Computing

Karakteristik Cloud Computing :

On-Demand Self-Services
Suatu service cloud computing mesti bisa digunakan oleh pemakai lewat mekanisme swalayan serta segera ada ketika diperlukan.

Broad Network Access
Suatu service cloud computing mesti bisa dibuka dari tempat mana saja, setiap saat, dengan alat apapun, seandainya kita terhubung ke jaringan service. Misal HP, Tablet.

Resource Pooling
Suatu service cloud computing mesti ada dengan cara terpusat serta bisa membagi sumber daya dengan cara efektif.

Rapid Elasticity
Suatu service cloud computing mesti bisa menambah (atau turunkan) kemampuan sesuai sama keperluan.

Measured Service
Suatu service cloud computing mesti disiapkan dengan cara terarah, lantaran bakal dipakai dalam sistem pembayaran.

Hubungan Cloud Computing dan Internet

pemakaian tehnologi computer ('komputasi') serta pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) merupakan metafora dari internet, seperti awan yang kerap digambarkan di diagram jaringan computer. Seperti awan dalam diagram jaringan computer itu, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia yaitu satu metoda komputasi dimana kemampuan perihal tehnologi informasi di sajikan juga sebagai satu layanan (as a service), hingga pemakai bisa mengaksesnya melalui Internet (" didalam awan ") tanpa ada tahu apa yang ada didalamnya, pakar dengannya, atau mempunyai kendali pada infrastruktur tehnologi yang membantunya. Menurut suatu makalah th. 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing " Cloud Computing yaitu satu paradigma dimana info dengan cara permanen tersimpan di server di internet serta tersimpan dengan cara sesaat di computer pemakai (client) termasuk juga di dalamnya yaitu desktop, computer tablet, notebook, computer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan sebagainya. Bisa diambil kesimpulan tanpa ada akses internet Cloud computing tak dapat dipakai hingga dapat disebutkan Cloud computing terkait erat dengan Internet.