Ketrampilan mengelola kelas yaitu ketrampilan guru untuk membuat serta pelihara keadaan belajar yang maksimal serta ketrampilan untuk kembalikan keadaan belajar yang maksimal jika ada masalah dalam sistem belajar baik yang berbentuk masalah kecil serta sesaat ataupun masalah yang berkepanjangan
Situasi belajar yang maksimal serta kondusif yaitu salah satu aspek yang bisa mensupport kesuksesan aktivitas evaluasi. Aspek ini terkait erat dengan penyusunan orang serta barang. Guru mesti mempunyai kekuatan untuk mengatur orang serta barang supaya terwujud situasi belajar yang kondusif. Kekuatan mengatur ini senantiasa dipakai juga sebagai acuan dalam ketrampilan mengelola kelas (classroom management).
Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
Menunjukan sikap tanggap
Guru menunjukkan sikap positif pada tiap-tiap tingkah laku siswa yang nampak serta memberi respon atas tingkah laku itu, dengan maksud tak memojokkan keadaan siswa, perasaan tertekan serta menimbulkan tingkah laku susulan yang kurang baik.
Membagi perhatian
Perhatian guru bukan sekedar terlalu fokus pada satu orang siswa atau satu grup siswa, yang bisa menyebabkan kecemburuan, namun perhatian mesti terdiri rata pada tiap-tiap anak yang ada didalam kelas
Memusatkan perhatian kelompok
Grup informal ataupun grup yang berniat dibuat untuk kebutuhan evaluasi di kelas, membutuhkan perhatian guru untuk mengatur serta mengarahkan perilakunya, terlebih saat grup terpusat pada pekerjaan yang perlu diselesaikannya.
Memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas
Supaya grup atau individu dapat memusatkan perhatian pada tugas-tugas yang didapatkan dari guru, jadi berkewajiban menuturkan panduan proses dengan cara bertahap serta terang.
Menegur
Guru mesti dapat memberi teguran yang sesuai sama pekerjaan serta perubahan siswa. Karakter teguran tak adalah hal yang memberi dampak ketakutan, tetapi menyadarkan siswa mengerti kekeliruan yang dikerjakannya,
Memeberikan penguatan
Penguatan bisa berbentuk reward yang berbentuk moril atau berbentuk materil namun tak terlalu berlebih. Maksudnya supaya prestasi yang diraih serta tingkah laku siswa yang baik bisa dipertahankan bahkan juga mungkin saja ditingkatkan.
Hal-Hal Yang Harus Dihindari
- Campur tangan yang terlalu berlebih dari guru pada tingkah laku siswa, bakal memberi efek yang kurang baik. Oleh karena itu campur tangan hanya peran guru juga sebagai pendidik di kelas.
- Kesenyapan di kelas tak adalah aktivitas yang jalan cukup lama, lantaran bisa menyebabkan tingkah laku yang terlalu berlebih dari siswa, untuk berhubungan dengan rekannya.
- Ketidak tetapan mengawali serta mengakhiri aktivitas, baik aktivitas awal ataupun aktivitas akhir adalah hal yang krusial untuk guru.
- Penyimpangan tingkah laku siswa baik dengan cara individu ataupun grup hubungannya dengan proses evaluasi.
- Bertele-tele, kalimat atau aktivitas yang dikerjakan oleh guru, bakal menyebabkan kebosanan serta ketidak nyamanan untuk siswa.
- Pengulangan penjelasan yg tidak butuh, beberapa hal yang baru untuk siswa yang bisa di sampaikan serta banyak yang lebih utama membutuhkan pengulangan.