Minggu, 23 November 2014

Pengertian Dial Up Lengkap

Pengertian Dial Up Lengkap Beserta Ulasan - Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak.

Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem

Dial-Up Networking: seperangkat protokol dan software yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet service provider (ISP), layanan online atau komputer yang berjauhan, melalui modem analog dan POTS (plain old telephone system).

Pengertian Dial Up

Dial-Up Merupakan jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain.

Dial-up networking biasanya berkomunikasi dengan ISP menggunakan standar Point to Point Protocol.

Dial-up networking merupakan tipe koneksi komputer ke internet yang paling banyak digunakan. Pada akhir 2000, lebih dari seperempat milyar pelanggan men-dial ke internet--empat kali lebih banyak dibandingkan cara pengaksesan populer lainnya, seperti DSL broadband, modem kabel, dan ISDN. 

Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer). Kecepatan akses internet menggunakan dial up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kilo byte persecond (kbps).

Diperlukan perangkat-perangkat seperti berikut ini untuk melakukan Dial-up Connection:

Perangkat keras:

  • Komputer
  • Modem
  • Saluran Telepon


Perangkat Lunak: 

  • Biasanya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
  • Nama pengguna dan kata sandi: disediakan oleh ISP, login tidak bisa diganti tetapi password bida kita ganti sendiri untuk menjaga keamanan secara berkala.


Yang perlu kita lakukan yaitu:

  1. Harus berlangganan ke salah satu ISP
  2. Memasang modem ke komputer kita
  3. Install software Internet yang telah disediakan oleh ISP
  4. Mengkoneksikan/ Menghubungkan (dial-up) ke ISP