Kamis, 20 Agustus 2015

Susunan Urutan Kabel Lan


Kerapkali kita hadapi permasalahan yang tampak remeh, tetapi bisa menyebabkan kekeliruan yang fatal di masa datang. Untuk beberapa orang memasangkan kabel UTP dengan konektor RJ45 asal ke-2 ujungnya mempunyai susunan warna yang sama, pastinya bukanlah permasalahan.

Tetapi dalam bangun suatu jaringan computer yang besar serta kompleks yang mengikut sertakan beberapa orang, tentulah hal itu dapatmenjadikan satu permasalahan serta juga bakal berlangsung kebingungan. Oleh karena itu sebaiknya dikerjakan standarisasi pemasangan. Kita tak perlu susah-susah membuat ketentuan standard sendiri, lantaran telah ada instansi yang mengatur hal itu yakni TIA/EIA,

Straight through

Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan perangkat yang berbeda. Contoh PC to switch, switch to router, PC to hub

Susunan Urutan Kabel Lan

Susunan Urutan Kabel Lan

Cross over

Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan perangkat setingkat. Contoh : PC to PC, Router to Router.




Itulah tadi 2 standar susunan kabel UTP yang umum digunakan oleh para teknisi jaringan komputer. Semoga tulisan saya ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan.