Rabu, 04 Maret 2015

Cara Merawat Jalak Suren Lengkap


Cara Merawat Jalak Suren Lengkap Dari Anakan Sampai Bakalan - Mabung (moulting) atau rontok bulu adalah siklus alamiah pada keluarga burung. perawatan burung pada saat mabung yaitu menjadi perihal yang amat perlu, lantaran seandainya perawatan yang salah pada saat ini dapat bikin burung jadi rusak. pada saat mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat nyaris 40% dari keadaan normal. oleh lantaran itu, burung perlu konsumsi nutrisi yang berkwalitas baik dengan porsi semakin besar dari keadaan normal. jauhi mempertemukan burung dengan burung sejenis, lantaran dapat bikin proses mabung jadi terganggu. efek dari ini yaitu ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. proses mabung juga terkait dengan hormon reproduksi.

Cara Merawat jalak suren

Berikut ini Cara Merawat Burung Jalak Suren Biar Gacor:

Memandikan Jalak Suren

Pagi Sebelum di Mandikan Jalak Suren di angin-anginkan terlebih dahulu, kurang Lebih 30menit dari Jam 7 pagi sampai Jam 7.30. Setelah itu Baru di Mandikan, kalo Jalak Suren udah Mau Mandi sendiri di tempat mandinya berikan saja tempat mandinya biar dia mandi sesuka hati, tapi klo dia belom mau mandi sendiri bisa di semprot dgn semprotan, atur air yg keluar jadi halus, karena biasanya Jalak Suren tidak suka di semprot dgn air yg Kasar. 

Setelah itu biarkan Jalak Suren membersihkan Bulu2nya dahulu. Sambil nunggu Jalak Suren mandi kita Bersihkan dulu kandangnya biar Bersih.

Makanan dan Minuman Jalak Suren

Di Habitat Asli Jalak Suren suka makan serangga dan kadang juga memakan Cacing, kalo Jalak Suren rumahan kita kasih saja Voer dan EF(Extra Fooding). Kita bisa memberikan EF Jalak Suren berupa Jangkrik, Ulat Hongkong(UH), atau Kroto, Tapi kalo kroto sekarang agak Sulit dicari. Lebih baik kita kasih Jalak Suren EF yg Mudah di cari saja bisa Jangkrik, Ulat Hongkong. 

Tetapi jangan terlalu banyak memberi Ulat Hongkong karena bisa membuat tubuh Jalak Suren panas cukup 2 sendok per 2 hari. Jangkrik bisa kita berikan setiap hari pagi kita bisa kasih 3-4 jangkrik, siang kiat kasih 3-4, sore bisa kita kasih 4-5 jangkrik. Bisa juga dikasih Jalak Suren dgn ikan kecil2 yg ada di sawah agar makanannya bervariasi. Untuk minum harus setiap hari, Untuk tambahan bisa kita tambah Vitamin di minuman. Karena Jalak Suren tergolong burung yg suka mandi pastikan cepuk minum yg agak Besar.

Kebersihan Kandang

Karena Jalak Suren tergolong burung yg suka makan dan mandi pasti kandangnya akan kotor, dan kandang yg kotor akan membuat burung tidak nyaman dan sarang penyakit, seperti kutu dll. Kandang kita bersihkan setiap 2 hari sekali atau jika kandang sudah kotor dan tidak enak di pandang.

Meletakan Kandang Yang Ideal

Kalo aku meletakan kandang di tempat yg pagi terkena sinar matahari dan ketika sudah agak siang tidak terkena sinar matahari. Jadi bisa kamu letakan Jalak Suren di tempat yg seperti Itu, karena sinar matahari pagi berguna untuk membakar lemak burung, selain itu sinar matahari juga bisa menghambat pertumbuhan kuku dan paruh burung, karena kalo burung yg mempunyai paruh yg panjang dan kuku yg panjang akan malas untuk berkicau.
Sekian, semoga bermafaat.