Sabtu, 17 Januari 2015

Cara Menggunakan Virtual Box Di Windows

Cara Menggunakan Virtual Box Di Windows Maupun Ubuntu Lengkap - Install VirtualBOX saya anggap sukses dan langkah berikut menconfigurasi virtualBOX agar dapat di jadikan bahan expriment seperti belajar install windows xp, belajar install mikrotik, belajar configurasi mikrotik, belajar install squid, hampir semua hal yang dapat di lakukan pada komputer real dapat di kerjakan di virtualBox.

Cara Menggunakan Virtual Box

Cara Menggunakan VirtualBox | Install OS Dalam OS sbb :
1. Download dan install virtualbox
2. Jalankan virtualbox, lalu klik New


3. Akan terbuka halaman untuk memilih Sistem Operasi dan memberikan nama Virtual Machine yang akan dibuat, disini saya mencontohkan saya menggunakan Linux versi/distro Ubuntu. Sesuaikan dengan pilihan anda, jika sudah klik Next untuk tahap selanjutnya.


4. Setelah itu kita akan menentukan memory RAM, pastikan ukuruannya tidak terlalu besar dan saya sarankan tetap pada garis yang berwarna hijau, klik Next lagi jika telas selesai.


5. Setelah membuat memory RAM, tahap selanjutnya membuat Hard Drive, pada contoh ini, saya pilih Create a Virtual Hard Drive Now lalu klik Create


6. Pada tahap ini, kita diperintahkan memilih type Virtual Hard Drive, pada contoh ini saya memilih VHD (Virtual Hard Disk) lalu Next.


7. Pada perintah berikut ini saya memilih Dynamically Allocated lalu Next


8. Menentukan Lokasi Hard Drive dan kapasitas yang diinginkan lalu Create.


9. Virtual Machine dan Virtual Hard Drive sudah selesai dibuat, selanjutnya memulai proses install Sistem Operasi.
10. Klik Start


11. Jika terbuka halaman seperti berikut ini, klik gambar untuk browse.. lalu cari file ISO sistem operasi yang ingin diinstall lalu klik Start Jika telah selesai.


12. Sekarang tinggal melakukan proses intallasi sistem operasi


13. Sekarang kita sudah menggunakan Sistem Opersi dalam Sistem Operasi, contoh pada gambar dibawah saya menggunakan Windows 8.1 sebagai sistem opersi utama, dan saya install Ubuntu 12.10 didalam Windows 8.1


Pada langkah di atas hardisk virtual telah di create dan siap di gunakan, langkah berikutnya pada virtual box, adalah menentukan boot disk dari mana, maksud boot disk disini adalah source file dari mana asala instalasi berasal, dan kehebatan virtualbox ini di sediakan beberapa option, termasuk didalamnya ada boot via cdroom, yang akan mengakses cd room kita langsung, atau juga boot via hardisk real kita yang mana harus tersedia didalamnya sebuah file iso image. Misalnya iso image yang bernama windowsxp.iso. Bila anda tidak memiliki iso, dan cd room, ada baiknya untuk mendownload sebuah file iso image dari internet untuk melanjutkan langkah selanjutnya, misalnya iso imagenya windows xp.