Sabtu, 17 Januari 2015

Cara Menggunakan Sumpit Yang Baik Dan Benar

Cara Menggunakan Sumpit Yang Baik Dan Benar - Saat makan bersama orang Jepang, mereka akan maklum jika kalian tidak mengerti aturan penggunaan sumpit. Mereka akan memaafkan jika kalian melakukan beberapa kesalahan. Walau begitu, dengan mengetahui sedikit tentang etika setempat menjadi cara terbaik untuk memperoleh teman, memenangkan urusan bisnis, dan secara umum mencitrakan diri sebagai tamu yang baik.

Sejujurnya, tak mudah menggunakan sumpit. Makan dengan sumpit adalah sebuah seni, dan bahkan orang Jepang sendiri seringkali kesulitan menggunakannya dengan sempurna. Kabar baiknya, dengan mengetahui beberapa aturan sederhana berikut ini kalian akan mengerti setidaknya 99% cara terbaik menggunakan sumpit.

Cara Menggunakan Sumpit

  1. Pegang sumpit dengan benar
  2. Jangan makan langsung dari piring bersama
  3. Gunakan dudukan sumpit
  4. Jangan mencari-cari dengan sumpit
  5. Jangan menggali makanan
  6. Jangan menjilat
  7. Hati-hati saat memberikan makanan pada orang lain
  8. Sumpit bukan mainan
  9. Jangan menyilangkan sumpit saat mengistirahatkannya di atas meja
  10. Jangan memutar sumpit ke dalam sup


Kita tak boleh mengaduk-ngaduk makan memakai sumpit, memai-mainkan sumpit, mengulum ujung sumpit, menancapkan sumpit di nasi, memakan makanan dan mulut menyentuh mangkok, tak boleh memegang sumpit asal-asalan, menunjuk-nunjuk makanan pakai sumpit, dan tak pelan-pelan mengambil makanan yang basah.