Rabu, 26 November 2014

Pengertian Budaya Demokrasi Lengkap

Pengertian Budaya Demokrasi Lengkap Budaya Secara Umum dan Menurut Para Ahli -  Demokrasi adalah hasil dari suatu proses dimana setiap manusia memiliki pemikiran dan kemampuan melakukan tindakan politik yang didasarkan pada penghargaan terhadap persamaan hak, kebebasan, keteraturan bersama dan keragaman.

Pengertian Budaya Demokrasi

  • Budaya demokrasi adalah kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan menghargai persamaan, kebebasan dan peraturan.
  • Budaya demokrasi merupakan kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi seperti menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan.
  • Budaya demokrasi adalah bentuk aplikasi atau penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip demokrasi itu sendiri.
  • Budaya demokrasi adalah  kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan
  • Budaya demokrasi berisi nilai – nilai demokrasi yang dimiliki, dikembangkan, dan dipraktikan oleh masyarakat. Masyarakat yang berbudaya demokrasi atau masyarakat demokratis akan mendukung pemerintahan demokrasi.


Prinsip Budaya Demokrasi

Mari kita simak 5 prinsip budaya demokrasi berikut ini.

  1. Hak Asasi Manusia (HAM). Budaya demokrasi tidak akan hidup tanpa hak asasi manusia. HAM adalah filosofi dasar terbentuknya egara demokrasi.

  2. Transparansi. Prinsip demokrasi adalah egara yang bekerja untuk egara. Maka, tidak perlu ada penutupan akses.

  3. Partisipasi. Publik ikut berpartisipasi dalam demokrasi. Mulai dari kritik, saran, dan pujian.

  4. Pluralitas. Demokrasi tidak diikat oleh satu persamaan, tetapi oleh ragam perbedaan. Demokrasi tumbuh subur dalam alam multietnis, suku, dan agama.

  5. Egaliter. Demokrasi bukan egara monarki egarae, raja selalu benar dan rakyatselalu salah. Demokrasi menghargai egaliter (sederajat).


Contoh bentuk budaya demokrasi di Indonesia 

Dilaksanakannya pemilihan umum setiap lima tahun sekali baik untuk memilih presiden maupun wakil-wakil rakyat. Sejak tahun 2004, pemilihan presiden di Indonesia dilaksanakan secara langsung oleh rakyat. Dengan demikian, rakyat telah diikutsertakan dalam pengambilan kebijakan publik. Itulah salah satu bentuk budaya demokrasi di Indonesia.

Budaya demokrasi pancasila

merupakan paham demokrasi yang berpedoman pada asas kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang berketuhanaan yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berpersatuan Indonesia, dan bersama sama menjiwai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Penerapan Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari-hari 

Di Lingkungan Keluarga Penerapan Budaya demokrasi di lingkungan keluarga dapat diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut: 

  1. Kesediaan untuk menerima kehadiran sanak saudara; 
  2. Menghargai pendapat anggota keluarga lainya; 
  3. Senantiasa musyawarah untuk pembagian kerja; 
  4. Terbuka terhadap suatu masalah yang dihadapi bersama. 


Di Lingkungan Masyarakat Penerapan Budaya demokrasi di lingkungan masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut: 

  1. Bersedia mengakui kesalahan yang telah dibuatnya; 
  2. Kesediaan hidup bersama dengan warga masyarakat tanpa diskriminasi; 
  3. Menghormati pendapat orang lain yang berbeda dengannya 
  4. Menyelesaikan masalah dengan mengutamakan kompromi; 
  5. Tidak terasa benar atau menang sendiri dalam berbicara dengan warga lain. \


Di Lingkungan Sekolah Penerapan Budaya demokrasi di lingkungan sekolah dapat diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut: 

  1. Bersedia bergaul dengan teman sekolah tanpa membeda-bedakan; 
  2. Menerima teman-teman yang berbeda latar belakang budaya, ras dan agama; 
  3. Menghargai pendapat teman meskipun pendapat itu berbeda dengan kita; 
  4. Mengutamakan musyawarah, membuat kesepakatan untuk menyelesaikan masalah; 
  5. Sikap anti kekerasan. 


Di Lingkungan Kehidupan Bernegara Penerapan Budaya demokrasi di lingkungan kehidupan bernegara dapat diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut: 

  1. Besedia menerima kesalahan atau kekalahan secara dewasa dan ikhlas; 
  2. Kesediaan para pemimpin untuk senantiasa mendengar dan menghargai pendapat warganya; 
  3. Memiliki kejujuran dan integritas; 
  4. Memiliki rasa malu dan bertanggung jawab kepada publik; 
  5. Menghargai hak-hak kaum minoritas; 
  6. Menghargai perbedaan yang ada pada rakyat; 
  7. Mengutamakan musyawarah untuk kesepakatan berrsama untuk menyelesaikan masalah-masalah kenegaraan. 


Ada beberapa masalah yang harus kita petakan sebagai tantangan membangun budaya demokrasi.


  1. Politik uang saya tempatkan sebagai tantangan utama dalam membangun budaya demokrasi. Politik uang merusak budaya demokrasi dan menggerus kultur organisasi. 

  2. Patronase merupakan bom waktu karena kepentingan dan kelangsungan hidup orang banyak ditumpukan semata kepada figur yang kuat. 

  3. Kita juga masih melihat adanya semangat sub-nasionalisme yang begitu kuat. Saya beri nama “sub-nasionalisme” karena masalahnya bukan semata semangat kedaerahan sempit, fanatisme beragama, atau identitas kelompok kepentingan yang begitu kuat, namun kecenderungan untuk mengaktualkan identitas dan kepentingan entitas yang lebih kecil atas ongkos identitas dan kepentingan bangsa. 

  4. Faktor-faktor yang saya sudah sebutkan di atas menciptakan sistem dan budaya meritokrasi yang lemah. Bukan tidak mungkin orang akan mengalami disinsentif mewujudkan kemampuannya (merit) ketika yang dihargai dalam suatu kelompok adalah faktor-faktor non-meritokratis, seperti uang dan ascribed status.

  5. Tantangan terhadap budaya demokrasi yang tidak kalah pentingnya adalah adanya kecenderungan “zero sum game” di dalam persaingan politik. Dalam pemikiran kalah-menang dan “winner takes all” yang hitam putih seperti itu, yang menang tidak bisa atau tidak mau menerima yang kalah; dan yang kalah tidak mampu menghormati yang menang.