Selasa, 18 Juli 2017

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya Secara Alamiah

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya - Dalam pelajaran ini, kita akan berbicara tentang adaptasi tanaman. adaptasi merupakan perubahan yang membantu spesies tanaman bertahan di lingkungannya. Kita akan melihat bagaimana tanaman bertahan hidup di bawah air, di padang pasir, dan di mana tanah kekurangan nutrisi. 

Anda mungkin sudah terbiasa dengan beberapa tanaman khusus ini. Misalnya, rumput laut merupakan tanaman yang diadaptasi untuk lingkungan bawah lautnya. Kaktus diadaptasi untuk lingkungan padang pasir. Dan Anda mungkin sudah familiar dengan tanaman perangkap lalat Venus yang disesuaikan untuk tinggal di tanah yang tidak memberi nutrisi cukup. Beberapa tanaman bahkan memiliki sistem pertahanan diri mereka sendiri untuk menangkal serangga dan makhluk lainnya. Semak mawar, misalnya, memiliki duri untuk mengusir pemangsa.

Sementara hewan mampu melindungi diri mereka sendiri dengan menyerang pemangsa atau mencari perlindungan, tanaman harus tetap tinggal dan melindungi diri mereka sebaik mungkin. Hewan mencari makanan, sering bepergian sejauh bermil-mil untuk menemukan makanan yang cukup. Kebanyakan tanaman (tapi tidak semua!) Harus membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Mereka harus melakukan dengan air, sinar matahari, dan nutrisi apa pun yang tersedia bagi mereka. Ini berarti tanaman harus menyesuaikan diri dengan kondisi apa pun yang ada di lingkungan mereka.

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Contoh Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

  • Tanaman gurun telah disesuaikan untuk bertahan hidup dengan air yang sangat sedikit.
  • Tanaman di hutan hujan bisa bertahan dengan cahaya yang sangat sedikit, karena puncak pohon tonjolan pohon tumbuk yang indah menghalangi banyak sinar matahari.
  • Tanaman Bog, seperti perangkap lalat Venus, bersifat karnivora dan mendapatkan banyak nutrisi dari serangga karena tanah tempat mereka hidup kekurangan nutrisi untuk bertahan hidup.