Sabtu, 13 Mei 2017

Pengertian Kesehatan Lingkungan Beserta Sumber Lengkap

Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut WHO

Pengertian Kesehatan Lingkungan Beserta Sumber Lengkap - Hai sobat belajar, kali ini kita akan memaparkan informasi mengenai kesehatan lingkungan secara menyuluruh, secara garis besar, paparan dibawah ini akan menjelaskan pengertian atau definisi, tujuan, ruang lingkup, undang - undang yang terkait, karakter, ataupun pengertian menurut WHO serta bentuk dari kesehatan lingkungan.


Pengertian kesehatan lingkungan secara umum

Pengertian Kesehatan lingkungan yaitu keadaan lingkungan yang bisa memberikan keseimbangan ekologi yang dinamis pada manusia serta lingkungannya untuk mensupport tercapainya kwalitas hidup manusia yang sehat serta tentram. Serta Usaha perlindungan, pengelolaan, serta modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang makin bertambah dalam kehidupan nya.

Pengertian kesehatan lingkungan menurut para ahli


  • P. Halton Purdon (1971). Purdon menyebutkan kalau “ Kesehatan Lingkungan adalah sisi dari beberapa dasar kesehatan untuk masyarakat modern, kesehatan lingkungan yaitu faktor kesehatan orang-orang yang meliputi seluruh faktor kesehatan manusia dalam hubungan dengan lingkungan. Maksudnya adalah untuk menjaga serta menambah derajat kesehatan orang-orang pada tingkat yang setinggi-tingginya dengan jalan memodifikasi factor social, factor fisik lingkungan, beberapa karakter serta tingkah laku lingkungan yang bisa mempunyai pengaruh pada kesehatan.
  • Umar Fahmi Achmadi (1991). Achmadi menyebutkan kalau. Kesehatan Lingkungan yaitu pengetahuan dan seni dalam meraih keseimbangan lingkungan dan manusia, pengetahuan serta seni dalam pengelolaan lingkungan hingga diraih keadaan yang bersih, sehat, aman dan nyaman serta terlepas dari masalah penyakit. Pengertian Kesehatan Lingkungan sebagai satu pengetahuan, seni dan tehnologi. Menurut Umar Fahmi Achmadi (1991), Kesehatan Lingkungan merupakan pengetahuan yang mendalami keterikatan pada kwalitas lingkungan dengan kondisi kesehatan suatu masyarakat.


Pengertian kesehatan lingkungan menurut WHO

WHO menyebutkan Environment health refers to ecological balance that must exist beetwen man and his environment in order to ensure his weel being. Kesehatan Lingkungan adalah terwujudnya keseimbangan ekologis pada manusia serta lingkungan harus ada, supaya orang-orang menjadi sehat serta sejahtera.

Sehingga Kesehatan Lingkungan menurut WHO merupakan : Those aspects of human health and disease that are determined by factors in the environment. It also refers to the theory and practice of assessing and controlling factors in the environment that can potentially affect health. Atau apabila diambil kesimpulan “Suatu keseimbangan ekologi yang perlu ada pada manusia serta lingkungan supaya bisa menanggung keadaan sehat dari manusia “.

Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) kesehatan lingkungan yaitu satu keadaan lingkungan yang dapat menyokong keseimbangan ekologi yang dinamis pada manusia serta lingkungannya untuk mensupport tercapainya kwalitas hidup manusia yang sehat serta bahagia. Dalam artian ini titik pusat pandang dari Kesehatan Lingkungan yaitu kalau tercapainya maksud kesehatan yakni masyarakat sehat serta sejahtera jika keadaan lingkungan sehat.

Tujuan pemeliharan kesehatan lingkungan


  • Mengurangi Pemanasan Global. 
    Dengan menanam tumbuhan sebanyak mungkin pada lahan kosong, jadi kita juga turut dan mengurangi pemanasan global, karbon, zat O2 (okseigen) yang dihasilkan tumbuh-tumbuhan serta zat tidak langsung zat CO2 (carbon) yang mengakibatkan atmosfer bumi berlubang ini terhisap oleh tumbuhan serta secara langsung zat O2 yang dihasilkan itu bisa di nikmati oleh manusia tersebut untuk bernafas. 
  • Melindungi Kebersihan Lingkungan
    Dengan lingkungan yang sehat maka kita mesti melindungi kebersihannya, karna lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang bersih dari semua penyakit serta sampah. Sampah merupakan musuh kebersihan yang palinglah utama.


Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan


  1. Penyediaan Air Minum
  2. Pengelolaan air Buangan dan pengendalian pencemaran
  3. Pembuangan Sampah Padat
  4. Pengendalian Vektor
  5. Pencegahan/pengendalian pencemaran tanah oleh ekskreta manusia
  6. Higiene makanan, termasuk higiene susu
  7. Pengendalian pencemaran udara
  8. Pengendalian radiasi
  9. Kesehatan kerja
  10. Pengendalian kebisingan
  11. Perumahan dan pemukiman
  12. Aspek kesling dan transportasi udara
  13. Perencanaan daerah dan perkotaan
  14. Pencegahan kecelakaan
  15. Rekreasi umum dan pariwisata
  16. Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemi/wabah, bencana alam dan perpindahan penduduk.
  17. Tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjamin lingkungan.