Rabu, 11 Maret 2015

Cara Sederhana Memperbaiki Pompa Air Yang Mati

Cara Sederhana Memperbaiki Pompa Air Yang Mati -  Permasalahan dasar pada pompa yaitu pompa tidak menghisap dengan baik seperti pompa cuma mendengung dan tidak disertai berputarnya as pompa atau kadang kala berputar itu juga harus kita bantu start dengan menggerakan kipas pendingin pompa dengan tangan kita.juga masalah yang lain seperti pompa harus selalu dipancing pada waktu start.

Cara Memperbaiki Pompa Air

Begitu pentingnya pompa air dalam mendapatkan air, masalah pun akan terjadi, yaitu ketika mesin pompa ini mengalami kerusakan. Betapa repotnya jika pompa air yang biasa digunakan tidak dapat bekerja. Selain itu untuk mendapatkan tukang service pompa air kadang susah-susah gampang. Apalagi sering dijumpai tukang service “nakal” dan meminta jasa service yang cukup mahal, bahkan hampir sama dengan membeli baru. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang cukup dalam memilih, merawat, dan memperbaiki pompa air sehingga anda tidak di tipu oleh jasa servise pompa air / jet pump.

Untuk memperbaiki  pompa air yang mati perhatikan langkah langkah berikut : 


  • Pastikan AC power tersambung ke pompa 
  • Pastikan as pompa berputar bila pompa cuma dengung dan as tidak berputar solusinya ganti kapasitor pompa 
  • Pastikan saluran input ke pompa kedap udara dan klep berfungsi baik 
  • Bila masih harus di pancing mungkin terjdi kebocoran pada seal pompa. 
  • Dengan memperhatikan keterangan diatas kita setidaknya bisa merefarasi sendiri dan untuk permasalahan bau angus disertai korsleting pada arus listrik berarti dinamo tersebut sudah terbakar. 


Semoga bermanfaat.