Minggu, 08 Maret 2015

Cara Merawat Ciblek Bakalan

Cara Merawat Ciblek Bakalan - Burung yang semakin banyak digemari oleh pecinta burung kicauan ini lantaran memiliki suara tembakan yang khas. Suara tembakanya biasanya digunakan untuk memaster burung lain. Misalnya untuk memaster burung anis merah,kacer,murai batu,cucak hijau dan burung kicauan lain. Berikut ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman pribadi saya tentang memelihara burung ciblek hasil tangkapan dari alam yang masih liar.

Cara Merawat Ciblek

Perawatan Harian Burung Ciblek


  • Pagi hari jam 05.00 wib mulai buka kerodong terus gantung di luar rumah, ini yang dinamakan diembun-embunkan, perlakuan ini sebenarnya berlaku juga hampir semua jenis burung. Mereka senang dengan suasana pagi menjelang matahari terbit.
  • Jam 07.00 wib burung ciblek diberikan makan extra fooding jangkrik kecil 2-3 ekor ditambah kroto ¼ – ½ sendok teh dan ulat hongkong 2 – 4 ekor. Untuk extra fooding ini tdak mengikat boleh disesuaikan dengan settingan masing-masing.
  • Setelah itu burung dimandikan dengan cara semprotan halus lembut supaya ciblek tidak kaget. Mandikan perlahan sampai burung basah semua. Setelah mandi dilanjukan penjemuran. Penjemuran dapat dilakukan setelah jam 07.00 wib sampai jam 09.00 wib.
  • Setelah penjemuran burung ciblek gantung ditempat teduh. Boleh didekatkan sebentar dengan burung yang bersuara atau ingin menggesek dengan burung sudah jadi. Setelah itu burung di kerodong, ini juga untuk mengurangi hawa panas pada siang hari dan dekatkan pada burung kicau lainnya seperti burung kenari. Hal ini dapat dilakukan setiap hari tenggang waktu 4 - 5 jam, ya boleh sampai sore.
  • Kira kira sore jam 16.00 wib kerodong dibuka kembali dan diberi makan extra fooding dengan jumlah yang sama pada waktu  pemberian pagi. Selanjunya burung dimandikan sama seperti di pagi hari. Setelah itu ciblek dikeringkan atau jemur setengah jam atau sampai satu jam. Setelah sore jam 17.00 wib burung di kerodong kembali sampai besok hari.


Antara ciblek jantan dan betina gacoran mana ya, yang jantan tentu, tapi apa bedanya?. Coba lihat di ciri ciblek jantan atau betina.