Kamis, 19 Februari 2015

Cara Merawat Telinga Dengan Benar

Cara Merawat Telinga Dengan Benar - Merawat telinga merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan oleh manusia. Banyak dari kita yang sering membersihkan telinganya menggunakan cotton bud, padahal sudah lama diketahui bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud adalah salah. Berikut akan dijelaskan mengenai  bagaimana cara merawat telinga yang benar :

Cara Merawat Telinga

1. Usahakan menghindari atau menjauhi tempat-tempat yang terlalu bising seperti area konser musik dan tempat-tempat yang menurut anda tidak baik untuk kesehatan pendengaran atau telinga anda.

2. Usahakan agar tidak mendengarkan lagu-lagu kesukaan anda dengan menggunakan earphone atau pengeras suara yang dipasangkan ke telinga anda.

3. Usahakan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga pada bagian ronga luar telinga saja dan jangan sampai ke bagian dalam telinga. Ini dikarenakan karena kotoran pada telinga bukannya keluar tapi makin tertekan dan terdorong masuk ke dalam telinga anda.

4. Kunjungilah dokter THT untuk mengetahui kesehatan telinga anda. Jika memang telinga anda bermasalah maka dokter THT akan memberikan saran yang terbaik terkait dengan fungsi pendengaran atau kesehatan telinga anda.

5. Saat terbang dengan pesawat, tekanan dalam kabin tidak dapat menyamai tekanan pada tanah, sehingga perubahan ketinggian menyebabkan tekanan di luar telinga menjadi lebih tinggi dari bagian tengah telinga, sehingga gendang telinga menggembung kedalam. Untuk mengatasi ini, tabung Eustachea harus dibuka sedikit untuk membiarkan sejumlah kecil udara di bagian tengah telinga dan menormalkan tekanan telinga. Ini bisa dilakukan dengan cara menutup hidung dan menghembuskan nafas dengan perlahan. Menyemprotkan obat decongestant atau obat anti sesak satu jam sebelum terbang dan mendarat juga dapat membantu telinga menyesuaikan diri secara alami.