Kamis, 19 Februari 2015

Cara Merawat Baterai Laptop Praktis

Cara Merawat Baterai Laptop Praktis - Halo kawan, laptop memang sudah menjadi ikon keseharian kita dimana laptop sudah menjadi salah satu pendukung pekerjaan kita sehari-hari ataupun hanya sebagai alat hiburan semata. Untuk itu rajin-rajinlah merawatnya agar tetap awet dan tentunya memberikan kinerja yang maksimal. Pada ulasan kali ini saya akan mencoba membahas seputar perawatan baterai laptop berdasarkan pengalaman dan kutipan dari berbagai sumber.

Cara Merawat Baterai Laptop

Tips berikutnya ada pada pengaturan pada layar Laptop Anda, jika Anda berencana untuk memakai atau menggunakan Laptop di daerah yang tidak ada colokan listrik untuk mengisi baterai, ubahlah pengaturan layar Anda menjadi sedikit lebih gelap. Intensitas terang suatu layar mempengaruhi penggunaan baterai Laptop tersebut, semakin terang layar Laptop, maka semakin banyak pula baterai yang dipakai.

Jangan lupa juga matikan atau melepaskan komponen luar yang dapat menimbulkan baterai cepat habis karena proses yang memakan baterai seperti Modem USB, Adaptor USB, Flashdisk, Hard disk external, ataupun perangkat lainnya. Sebaiknya dicabut bila tidak digunakan untuk menghemat baterai.

Tips Merawat Baterai Laptop selanjutnya yaitu matikan fitur Helpers, Wizard, dan fungsi – fungsi otomatis yang ada pada Windows. Fungsi lainnya seperti auto format, spelling check, dapat dimatikan jika tidak dibutuhkan, walaupun tidak terlihat, fungsi otomatis ini juga memakan daya baterai Anda.

Gunakanlah program pembersihan seperti program Disk-Caching. Anda bisa menginstall program seperti Norton Utilities, smartDrive, dan lain-lain. Gunanya untuk menghemat baterai ketika Anda mencari informasi tertentu namun tidak memakan banyak daya pada baterai karena informasi yang telah tersimpan di cache bisa langsung dikenali dan pastinya bisa menghemat baterai Anda.

Anda harus membersihkan kuningan pada colokan. Pada baterai, Anda dapat menemukannya jika Anda hendak memasang baterai, Anda akan menemukan garis-garis kuning, bersihkan batangan tipis berwarna emas atau perak pada baterai ini dengan menggunakan alkohol atau penghapus pensil biasa. Tujuannya agar baterai Anda tidak menahan gaya gesek ketika Anda cabut dan colok baterai kedalam suatu Laptop, dan tidak terjadi kerusakan.

Hindari panas karena mengisi baterai pada saat menggunakan UPS. Jangan mengisi baterai Anda ketika Anda menggunakan perangkatseperti UPS. Selain itu, hindari tempat panas, air, dan lembab yang berlebihan, karena dapat memicu kerusakan. Kerusakan terjadi biasanya ditandai dengan, baterai cepat habis dari sebelumnya, baterai menjadi cepat panas, bahkan baterai Anda bisa tidak berfungsi. Ketika Anda mempunyai Laptop dengan baterai berjenis Lithium Ion, jangan gunakan baterai Laptop sampai 0 persen. Anda akan mengalami kerusakan pada baterai Anda.