Sabtu, 22 Juni 2013

Pengertian Administrasi Dan Definisi Secara Lengkap

Pengertian administrasi adalah



Pengertian Administrasi Dan Definisi Secara Lengkap - Hai sobat pelajar, pada kesempatan kali ini kita akan membahasa seputar administrasi. Kata administrasi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun tahu kah kamu arti sebenarnya dari pengertian Administrasi tersebut. Berikut ini saya akan membeberkan definisi, mengapa kita membutuhkan administrasi, administrasi sebagai seni, ilmu, dan profesi, dan tujuan dari administrasi itu sendiri. 

“Administration has been defined as the guidance, leadership, and control of the effort of a group of individuals towards some common goal”

(William H. Newman dalam Administration Action)

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan, dan kontrol dari pada usaha-usaha kelompok, individu-individu terhadap terciptanya tujuan bersama. Administrasi dapat diartikan dalam arti sempit dan luas. Soewarno Handayaningrat mengatakan “Administrasi dalam arti sempit berasal dari kata Administrasi merupakan meliputi kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan” (1988:2).

Sedangkan dalam arti luas dapat disimpulkan pada dasarnya mengandung unsure pokok yang sama yaitu adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan kerja sama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. (lihat pengertian Administrasi menurut William H. Newman)

Manfaat Administrasi
Administrasi dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial bahwa dia tidak dapat berdiri sendiri tapi harus melakukan kerja sama dengan orang lain yang mempunyai ide dan tujuan yang sama, dengan melakukan administrasi maka tujuan tersebut akan tercapai.

Pengertian Administrasi sebagai Seni, Ilmu, dan Profesi


  • Administrasi sebagai seni
    merupakan bagaimana menerapkan knowledge (science) dengan menggunakan kemahiran, keterampilan, dan pengalaman yang dilakukan oleh para administrator (top, middle, lower) dengan melalui peraturan ataupun kebijakan dalam kegiatan kerja sama dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Administrasi sebagai Ilmu
    merupakan administrasi merupakan hasil penyelidikan secara kritis atas pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh ilmuwan, baik secara empiris maupun transidental terhadap ilmu administrasi dan administrasi adalah disiplin ilmu yang dapat mengantar para ilmuwan administrasi untuk berpikir kritis, rasional, obyektif, efisien, dan efektif.
  • Administrasi sebagai profesi
    meruapakan suatu jenis lapangan pekerjaan yang memerlukan keahlian dalam administrasi yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan yang ketat. Oleh karena itu seorang administrator atau manajer adalah professional yang spesialis, dididik dan dilatih dalam lapangan pengetahuan administrasi.


Tujuan Administrasi

1. Efektifitas produksi
2. Efisiensi
3. Kemampuan menyesuaikan diri
4. Kepuasan kerja